Entri Populer

Minggu, 27 Maret 2011

silabus SMA


SILABUS  
Nama Sekolah             : SMA NEGERI OLAHRAGA GERUNG
Mata Pelajaran            : KIMIA
Kelas/Semester            : X/1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Alokasi Waktu            : 16 jam pelajaran (untuk UH 2 jam)
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/
alat
1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

§ perkembangan tabel periodik unsur.


· Mengkaji literatur tentang perkembangan  tabel periodik unsur dalam kerja kelompok.
· Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur.
·     
·    Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
·    Menjelaskan dasar
     Pengelompokan unsur-unsur.
§  Jenis tagihan:
    - tugas kelompok
    - kuis
    - ulangan
§  Bentuk instrumen
   - laporan  tertulis
  - penilaian sikap

2 jam
·   Sumber
-  buku kimia,
-  tabel periodik,
-  kartu  unsur
§ Bahan
-  lembar  kerja
§ struktur atom

· Mengkaji tabel periodik unsur untuk menentukan partikel dasar, konfigurasi elektron, periode dan golongan,  massa atom relatif.
·    Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton melalui kerja kelompok.
·    Menentukan golongan dan periode unsur-unsur dalam tabel periodik
·    Menentukan elektron valensi dan lonfigurasi elektron pda tabel periodik
·    Menentulan jumkah proton,elektron, dan neutron berdasarkan nomor atom dan nomor massa
·    Mengklasifikasi unsur kedalam isotop, isoton, dan isoelektron
·    Menentukan massa atom relatif
2 jam
§ sifat fisik dan sifat kimia unsur

§ sifat keperiodikan unsur

· Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metaloid.
· Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data atau grafik dan nomor atom melalui diskusi kelompok.
·    Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
·    Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.

·    Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan

2 jam
§ Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern.

· Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom (di rumah setelah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya).
· Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian.
·    Menyimpulkan hasil pembelajaran
·    Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan.


2 jam

1.2. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk

§  Ikatan Kimia
-  kestabilan unsur
-  struktur Lewis
- ikatan ion dan ikatan kovalen
· Menentukan unsur yang dapat melepaskan elektron atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok
· Menggambarkan susunan elektron valensi Lewis melalui diskusi kelas.



· Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam diskusi kelas



· Membandingkan sifat-sifat senyawa ion dengan sifat-sifat senyawa kovalen dalam diskusi kelas
§  
§ Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
§ Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
§ Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan ion.
§ Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.
§ Menjelaskan sifat-sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen
· Jenis tagihan
   - kuis
   - tugas individu, 
   - tugas kelompok
   - ulangan
· Bentuk instrumen
- laporan tertulis,
- performans (kinerja dan sikap)
-  tes tertulis

3 jam
·   Sumber
- buku kimia

·   Bahan
-  lembar kerja
-  cairan yang bersifat polar dan non polar
·   Alat
-  standar
-  buret
-  corong
-  gelas kimia
-  batang polietilen

§ Ikatan  kovalen koordinasi
§ Senyawa kovalen polar dan non polar.
§ Ikatan logam


· Mendikusikan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi dari beberapa contoh senyawa sederhana.
· Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium.
§ Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannya dengan proses pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium
§ Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa.
§ Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan melalui percobaan.
§ Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam.
§ Menghubungkan sifat fisik materi dengan jenis ikatannya.
3 jam










SILABUS

Nama Sekolah             : SMA NEGERI OLAHRAGA GERUNG
Mata Pelajaran            : KIMIA
Kelas/Semester            : X/1
Standar Kompetensi   : 2.  Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Alokasi Waktu            : 20 jam (untuk UH 4 jam)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/
Alat
2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.

§ tata nama senyawa






§ Menentukan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama) dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.
§ Menentukan nama senyawa biner yang terbentuk melalui ikatan kovalen.
§ Menentukan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama dan NH4+) dan anion poliatomik serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.
§ Menyimpulkan aturan pemberian nama senyawa biner dan poliatomik.
§ Menginformasikan nama beberapa senyawa organik sederhana.

§ Menuliskan nama senyawa biner
§ Menuliskan nama senyawa poliatomik
§ Menuliskan nama senyawa organik sederhana
§  Jenis tagihan
- tugas individu
 - kuis
- ulangan
§  Bentuk instrumen
  - tes tertulis

2 jam
§ Sumber
- buku kimia,
- lembar
   kerja
§ Persamaan reaksi sederhana
§ Mendiskusikan cara menyetarakan reaksi.

§ Latihan menyetarakan persamaan reaksi.

§ Menyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya
4 jam
2.2. Membuktikan dan mengkomunikasikan  berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.
· Hukum dasar kimia
-  hukum Lavoisier
-  hukum Proust
-  hukum Dalton
-  hukum Gay Lussac
-  hukum Avogadro

§ Merancang dan melakukan percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier, dan hukum Proust di laboratorium.
§ Menarik kesimpulan dari data hasil percobaan.


§ Membuktikan Hukum Lavoisier melalui percobaan
§ Membuktikan hukum Proust melalui percobaan

§  Jenis tagihan
- tugas individu
- tugas kelompok
- ulangan
§  Bentuk instrumen
 -  tes tertulis,
 - performans (kinerja  dan sikap)
 - laporan tertulis











2 jam
§ Sumber
-  buku kimia
§ Bahan
-   lembar 
   kerja,
-   alat dan 
   bahan
   untuk percobaan.

§ Mendiskusikan data percobaan untuk membuktikan hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro dalam diskusi kelompok di kelas.
§ Menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac.
§ Menemukan hubungan antara volum gas dengan jumlah molekulnya yang diukur pada suhu dan tekanan yang sama (hukum Avogadro).
§ Menganalisis data percobaan pada senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (hukum Dalton)
§ Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volum (hukum Gay Lussac).
§ Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum hukum Avogadro.

2 jam

§ Perhitungan kimia

§ Diskusi informasi konsep mol.
§ Menghitung jumlah mol, jumlah partikel, massa dan volum gas, menentukan rumus empiris, rumus molekul, air kristal, kadar zat dalam senyawa, dan pereaksi pembatas.

§ Mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel, massa, dan volum zat.
§ Menentukan rumus empiris dan rumus molekul
§ Menentukan rumus air  kristal
§ Menentukan kadar zat dalam suatu senyawa.
§ Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi
§ Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaksi

6 jam










SILABUS
Nama Sekolah             : SMA NEGERI OLAHRAGA GERUNG
Mata Pelajaran            : KIMIA
Kelas/Semester            : X/2
Standar Kompetensi   : 3. Memahami sifat-sifat  larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-redukasi
Alokasi Waktu            : 19 jam (5 jam untuk UH )
Kompetensi dasar
Materi Pembelajara
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
3.1 Mengidentifikasi  sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.

§ Larutan elektrolit dan non elektrolit
§ jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik
§ jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan:

§ Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit dalam diskusi kelompok dilaboratorium.
§ Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan elektrolit dan non elektrolit.

§ Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit  melalui  percobaan
§ Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
§ Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
§ Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.
§  Jenis tagihan
Tugas kelompok
Ulangan
Responsi (ujian praktik)
§ Bentuk instrumen
 Tes tertulis,   performans (kinerja dan sikap) ,
  Laporan tertulis
3 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Alat dan bahan untuk percobaan

3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.

§ Konsep oksidasi dan reduksi
§ Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion

§ Demontrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron (misal reaksi antara paku besi dicelupkan ke dalam air aki).
§ Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas.
§ Beratih menentukan bilangan oksidasi,  oksidator, reduktor, hasiloksidasi, dan hasil reduksi.
§ Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
§ Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
§ Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks

§  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan
kuis
§ Bentuk instrumen
Tes tertulis, performans (kinerja dan sikap),
Laporan tertulis
6 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,

§ Tata nama menurut IUPAC





§ Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan
§ Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.


§ Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok dikelas



§ Memberi nama senyawa menurut IUPAC






§ Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.
4 jam






1 jam



SILABUS
Nama Sekolah             : SMA NEGERI OLAHRAGA GERUNG
Mata Pelajaran            : KIMIA
Kelas/Semester            : X/2
Standar Kompetensi   : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.
Alokasi Waktu            :  23 jam (untuk UH 3 jam)
Kompetensi dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/
bahan/alat
4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon

§ Identifikasi atom C,H dan O.




§ Kekhasan atom karbon.


§ Atom C primer, atom C sekunder , atom C tertier, dan atom C kuarterner.
§  Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium

§  Dengan menggunakan moolymod mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas
§  Menentukan  atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner dalam diskusi kelompok dikelas
§ Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.




§ Mendeskripsikan  kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon


§ Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner.
§  Jenis tagihan
Tugas kelompok
Ulangan
§ Bentuk instrumen
  Tes tertulis,   performans (kinerja dan sikap),
  Laporan tertulis
5 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
alat dan bahan untuk percobaan
molymood

4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.

§ Alkana, alkena dan alkuna






§ Sifat fisik alkana, alkena dan alkuna


§ Isomer






§ Reaksi senyawa karbon

§   Dengan menggunakan molymood (dapat diganti dengan molymood buatan) mendiskusikan jenis ikatan pada atom karbon pada senyawa alkana, alkena dan alkuna.
§  Latihan tatanama 


§  Menganalisa data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok.

§  Dengan menggunakan molymood menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok atau . dengan metode bermain “Pesawat Terbang” digabung dengan tatanama

§  Merumuskan  reaksi sederhana  senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas

§  Latihan soal
§ Mengelompokkan  senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan 
§ Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna.




§ Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatifnya dan strukturnya.

§ Menentukan  isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis, trans)




§ Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa  alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi)

§  Jenis tagihan
Tugas kelompok
Kuis
Ulangan
§ Bentuk instrumen
 Tes tertulis,

9 jam
§ Sumber
Buku kimia
§ Bahan
Lembar kerja,
Molymood,
Kertas untuk permainan

4.3  Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya

§ Minyak bumi





§ Fraksi minyak bumi



§ Mutu bensin


§ Dampak pembakaran bahan bakar

§  Dalam kerja kelompok  membahas tentang  eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, petrokimia dan dampak hasil pembakaran bahan bakar

§  Presentasi hasil kerja kelompok.
§ Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
§ Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.


§ Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.

§ Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.

§ Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.

§  Jenis tagihan
 Tugas kelompok
 kuis
 Ulangan
§ Bentuk instrumen
   Tes tertulis
   Laporan tertulis    (makalah)
4 jam
§ Sumber
Buku kimia
internet
§ Bahan
Lembar kerja.
4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika

§ Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
§  Diskusi dalam kerja kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang , papan dan dalam bidang seni dan estetika (untuk daerah-daerah penghasil minyak bumi atau yang memiliki industri petrokimia bisa diangkat sebagai bahan diskusi).
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
§ Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.
§  Jenis tagihan
Tugas kelompok
Kuis
Ulangan
§ Bentuk instrumen
Tes tertulis
Laporan tertulis

2 jam
§ Sumber
Buku kimia
internet
§ Bahan
Lembar kerja.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMAN Olahraga Gerung
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas / Semester          : X / 1
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit (2x pertemuan)
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

I. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
1.      Standar Kompetensi
Memahami Struktur atom, sifat-sifat periodik unsur dan ikatan kimia
2.      Kompetensi Dasar
Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, ssifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
II. INDIKATOR
·   Menentukan golongan dan periode unsur-unsur dalam tabel periodik
·   Menentukan elektron valensi dan lonfigurasi elektron pda tabel periodik
·   Menentulan jumkah proton,elektron, dan neutron berdasarkan nomor atom dan nomor massa
·   Mengklasifikasi unsur kedalam isotop, isoton, dan isoelektron
·   Menentukan massa atom relatif

III. TUJUAN PEMBELAJARAN
·   Siswa dapat menentukan golongan dan periode unsur-unsur dalam tabel periodik
·   Siswa dapat menentukan elektron valensi dan lonfigurasi elektron pda tabel periodik
·   Siswa dapat menentulan jumkah proton,elektron, dan neutron berdasarkan nomor atom dan nomor massa
·   Siswa dapat mengklasifikasi unsur kedalam isotop, isoton, dan isoelektron
·   Siswa dapat menentukan massa atom relatif

IV. MATERI PELAJARAN
·         Stuktur Atom

V. STRATEGI PEMBELAJARAN
           
No.

Kegiatan

Waktu
Metode
1.






Ø  Kegiatan awal
*      Memberikan salam
*      Melakukam apresiasi dengan cara menanyakan kepada siswa apa itu stuktur atom?
*      Membagi kelompok Siswa menjadi dua kelompok untuk pertemuaan pertama dan tiga lekompok untuk pertemuan kedua
5’






Diskusi ,






2.





















Ø  Kegiatan Inti
Guru memberikan materi terdahulu dan menjelaskannya kemudian siswa mendiskusikan dengan ketentuan sebagai berikut:
Pertemuan pertama:
*      Kelompok 1: diskusi tentang Menentukan golongan dan periode unsur-unsur dalam tabel periodik
*      Kelompok 2: diskusi tentang Menentukan elektron valensi dan lonfigurasi elektron pda tabel periodik
Pertemuan kedua:
*      Kelompok 1: diskusi tentang Menentulan jumkah proton,elektron, dan neutron berdasarkan nomor atom dan nomor massa
*      Kelompok 2: diskusi tentang Mengklasifikasi unsur kedalam isotop, isoton, dan isoelektron
*      Kelompok 3: diskusi tentang Menentukan massa atom relatif
Mempersilahkan kepada siswa untuk menulis didepan hasil diskusi,

30’













Diskusi
Tanya jawab
penugasan



3.
Ø  Kegiatan Penutup.
*      Melakukan refleksi
*      Memberikan informasi tentang materi yang akan datang
10’


Diskusi
Tanya jawab

VI. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
*      .Buku paket kelas X yang relevan
*      Tabel periodik unsur









VII. PENILAIAN
*      Jenis tagihan                : Tugas kelompok,katihan, dan ulangan harian.

*      Bentuk instrumen        :laporan  tertulis,penilaian sikap.


           
                                                                                                                                                       Gerung,.....................2010     
                                      Guru Pamong,                                                                                           Mahasiswa Praktek,




   (Zulhaeri. S. Pd)                                                                                   (Muh. jufri)
                                       NIP....................                                                                                   NIM 07231081

     Mengetahui,
  Kepalah Sekolah




(Drs.H. M.Arifuddin )      
NIP.196112311994031057








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMAN Olahraga
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas / Semester          : X / 1
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

 I.      STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
1.      Standart Kompetensi
Memahami Struktur atom, sifat-sifat periodik unsur dan ikatan kimia
2.      Kompetensi Dasar
Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr,  ssifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

II.      INDIKATOR
*      Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
*      Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan

III. TUJUAN PEMBELAJARAN
*      Siswa dapat mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
*      Siswa dapat menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan

 IV. MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
*      sifat fisik dan sifat kimia unsur
*      sifat keperiodikan unsur



V. STRATEGI PEMBELAJARAN

No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Kegiatan awal
*      mengucapkan salam
*      Tanya jawab tentang unsur  dan jenis-jenisnya
*      Membagi siswa menjadi dua kelompok

5’




Diskusi, Tanya Jawab


2
 Kegiatan Inti 
-Siswa berdiskusi dalam kelompoknya masing-masing dengan materi
*      kelompok 1 :Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
*      Kelompok 2 :Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan




35’




Diskusi, Tanya Jawab
3
Kegiatan akhir
*      Menyimpulkan hasil diskusi
*      Memberikan tugas kelompok untuk membuat laporan hasil diskusi
*      guru menginformasikan materi yang akan datang

4’











Diskusi
Tanya jawab








VI. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
a.Buku paket kelas X yang relevan
b.Tabel periodic unsure

VII. PENILAIAN
a.Jenis tagihan                   : Tugas kelompok, kuis, ulangan harian,
b.Bentuk instrument         : laporan tertulis,performen,tes tertulis

           
                                                                                                                                                       Gerung,.....................2010     
                                      Guru Pamong,                                                                                           Mahasiswa Praktek,




   (Zulhaeri. S. Pd)                                                                                   (Muh. jufri)
                                       NIP....................                                                                                   NIM 07231081

     Mengetahui,
  Kepalah Sekolah




(Drs.H. M.Arifuddin )      
NIP.196112311994031057
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMAN Olahraga
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas / Semester          : X / 1
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit (3x pertemuan)
Tahun Pelajaran           : 2010/2011

I. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
1.      Standart Kompetensi
Memahami Struktur atom, sifat-sifat periodik unsur           dan ikatan kimia
2.      Kompetensi Dasar
1.1.      Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, ssifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
1.2.      Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk


II. INDIKATOR
*      Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan.
*      Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
*      Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
*      Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan ion.
*      Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.
*      Menjelaskan sifat-sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen

III. TUJUAN PEMBELAJARAN
*      Siswa dapat perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan.
*      Siswa dapat kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
*      Siswa dapat  enggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
*      Siswa dapat  mejelaskan  proses terbentuknya ikatan ion.
*      Siswa dapat Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.
*      Siswa dapat  menjelaskan sifat- sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen

IV. MATERI POKOK
*      Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern.
*      Ikatan Kimia
*      kestabilan unsur
*      struktur Lewis
*      ikatan ion dan ikatan kovalen

V. STRATEGI PEMBELAJARAN

No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1
Kegiatan awal
*      Membuka pembelajara
*      Guru menanyakan kepada siswa, apakah siswa pernah melihat marica atau kacang atom?
*      Membagi kelomnpok siswa untuk mendiskusikan teori dari guru
10’

Diskusi, Tanya Jawab
2.
 Kegiatan Inti
*      Guru menjelaskan teori dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk dipresentasikan.
Pertemuan 1:Kelompok 1: Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan.
*      Kelompok 2: menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
*      Kelompok 3: Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
Pertemuan 2:
*      Kelompok 1: Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan ion.
*      Kelompok 2: menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.
*      Kelompok 3: Menjelaskan sifat-sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen






50’







Diskusi, Tanya Jawab



3.
Kegiatan akhir :
*       Pengambilan kesimpulan dari presentasi  masing-masing kelompok
*      Memberikan tugas untuk dikumpulkan mimggu depan
*      Menyampaikan materi yang akan datang
30’


Diskusi












VI. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
      a.Buku paket kelas X yang relevan
b.Tabel periodik unsur

VII. PENILAIAN
      a. Jenis tagihan      : Tugas kelompok, kuis, ulangan harian,
b. Bentuk instrument : laporan tertulis,performen,tes tertulis
           

           
                                                                                                                                                       Gerung,.....................2010     
                                      Guru Pamong,                                                                                           Mahasiswa Praktek,


                                                                                                     



   (Zulhaeri. S. Pd)                                                                                   (Muh. jufri)
                                       NIP....................                                                                                   NIM 07231081

     Mengetahui,
  Kepalah Sekolah






(Drs.H. M.Arifuddin )      
NIP.196112311994031057

PROGRAM TAHUNAN


Satuan Pendidikan                                         : SMA           Kelas/Semester                         :           X/1
Mata Pelajaran                                               : Kimia            Tahun Ajaran                          :                          2010/2011



Semester

No.

Materi Pokok/Kompetensi Dasar

Alokasi Waktu

Keterangan

1
1.




2.




3.


4.




5.
Struktur atom dan sistem periodic
1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
Ikatan kimia
1.2 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk
Tata nama senyawa dan persamaan reaksi
2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya
Hukum dasar kimia
2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan  berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia
Perhitungan kimia
2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan  berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia
18 JP





12 JP



6 JP


10 JP




8 JP




Jumlah
54 JP

2
6.





7.






Larutan elektrolit dan nonelektrolit
3.1 Mengidentifikasi  sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
3.2 Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya
Sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul
4.1  Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon
4.2  Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa
4.3  Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
4.4  Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika
6 JP



6 JP




18 JP





12 JP



Jumlah
48 JP

Gerung,.....................2010                 Guru Pamong,                                                                                                                                Mahasiswa Praktek,



              (Zulhaeri. S. Pd)                                                                                                                                 (Muh. jufri)
              NIP....................                                                                                                                                NIM 07231081

Mengetahui,
Kepalah Sekolah



(Drs.H. M.Arifuddin )      
NIP.196112311994031057

PROGRAM SEMESTER


Mata Pelajaran        : Kimia
Kelas                       : X
Semester                 : 1

No
Materi Pokok/Kompetensi Dasar
Jml. Jam
Bulan
Ket.
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Januari
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
34
1.
Struktur atom dan sistem periodic
16


X
x
x
x





















Persiapan penerimaan rapor












2.
1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
Ulangan harian
Ikatan kimia
1.2Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk
Ulangan harian 2








12















x








x








X
x






     x









x


































3.
Tata nama senyawa dan persamaan reaksi
6














x
x
x
x













2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya
Ulangan harian 3
Latihan Ulangan  Tengah Semester































4.
Hukum dasar kimia
10


















x
x
x










2.2Membuktikan dan mengkomunikasikan  berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia
Ulangan harian 4































5.
Perhitungan kimia
8





















x
x
x
x






2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan  berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia
Ulangan harian 5
































Latihan Ulangan Umum Semester 1
































Jumlah
54
































Keterangan:

=      Kegiatan tengah semester



=      Libur bulan Ramadan dan sesudah Idul Fitri



=      Latihan ulangan umum semester 1



= Ulangan umum semester 1



= Libur semester 1
                                                                                                                                                  Gerung,.....................2010     
   Guru Pamong,                                                                                                                      Mahasiswa Praktek,





   (Zulhaeri. S. Pd)                                                                                                                      (Muh. jufri)
               NIP....................                                                                                                                      NIM 07231081

   Mengetahui,
Kepalah Sekolah






 (Drs.H. M.Arifuddin )      
NIP.196112311994031057









RINCIAN MINGGU EFEKTIF


Satuan Pendidikan                                     : SMAN OLAHRAGA GERUNG     Kelas/Semester                       : X/1
Mata Pelajaran                                            : Kimia                                                  Tahun Ajaran                         : 2010/2011

I.       Jumlah Minggu dalam Semester 1

No.
Bulan
Jumlah Minggu
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Januari
2
5
4
4
5
4
4

Total
28

II.    Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1

No.
Kegiatan
Jumlah Minggu
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Kegiatan tengah semester
Libur bulan Ramadan dan sesudah Idul Fitri
Latihan ulangan umum semester 1 (cadangan)
Ulangan umum semester 1
Persiapan penerimaan rapor
Libur semester 1
1
4
1
1
1
2

Total
10

III. Jumlah minggu efektif dalam semester 1
Jumlah minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
= 28 minggu – 10 minggu
= 18 minggu efektif


                                                                                                                                                  Gerung,.....................2010     
              Guru Pamong,                                                                                                               Mahasiswa Praktek,

                                                                                                                                                        



              (Zulhaeri. S. Pd)                                                                                                           (Muh. jufri)
              NIP....................                                                                                                           NIM 07231081

   Mengetahui,
Kepalah Sekolah






 (Drs.H. M.Arifuddin )      
NIP.196112311994031057

Tidak ada komentar:

Posting Komentar