SILABUS
Nama Sekolah : SMA NEGERI OLAHRAGA GERUNG
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran (untuk UH 2 jam)
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ bahan/ alat |
1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron | § perkembangan tabel periodik unsur. | · Mengkaji literatur tentang perkembangan tabel periodik unsur dalam kerja kelompok. · Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur. · | · Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya. · Menjelaskan dasar Pengelompokan unsur-unsur. | § Jenis tagihan: - tugas kelompok - kuis - ulangan § Bentuk instrumen - laporan tertulis - penilaian sikap | 2 jam | · Sumber - buku kimia, - tabel periodik, - kartu unsur § Bahan - lembar kerja |
§ struktur atom | · Mengkaji tabel periodik unsur untuk menentukan partikel dasar, konfigurasi elektron, periode dan golongan, massa atom relatif. · Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton melalui kerja kelompok. | · Menentukan golongan dan periode unsur-unsur dalam tabel periodik · Menentukan elektron valensi dan lonfigurasi elektron pda tabel periodik · Menentulan jumkah proton,elektron, dan neutron berdasarkan nomor atom dan nomor massa · Mengklasifikasi unsur kedalam isotop, isoton, dan isoelektron · Menentukan massa atom relatif | 2 jam | |||
§ sifat fisik dan sifat kimia unsur § sifat keperiodikan unsur | · Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metaloid. · Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data atau grafik dan nomor atom melalui diskusi kelompok. · Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan. | · Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid. · Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan | 2 jam | |||
§ Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern. | · Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom (di rumah setelah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya). · Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian. · Menyimpulkan hasil pembelajaran | · Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan. | | 2 jam | | |
1.2. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk | § Ikatan Kimia - kestabilan unsur - struktur Lewis - ikatan ion dan ikatan kovalen | · Menentukan unsur yang dapat melepaskan elektron atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok · Menggambarkan susunan elektron valensi Lewis melalui diskusi kelas. · Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam diskusi kelas · Membandingkan sifat-sifat senyawa ion dengan sifat-sifat senyawa kovalen dalam diskusi kelas § | § Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya. § Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis). § Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion. § Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga. § Menjelaskan sifat-sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen | · Jenis tagihan - kuis - tugas individu, - tugas kelompok - ulangan · Bentuk instrumen - laporan tertulis, - performans (kinerja dan sikap) - tes tertulis | 3 jam | · Sumber - buku kimia · Bahan - lembar kerja - cairan yang bersifat polar dan non polar · Alat - standar - buret - corong - gelas kimia - batang polietilen |
§ Ikatan kovalen koordinasi § Senyawa kovalen polar dan non polar. § Ikatan logam | · Mendikusikan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi dari beberapa contoh senyawa sederhana. · Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium. § Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannya dengan proses pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium | § Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa. § Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan melalui percobaan. § Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam. § Menghubungkan sifat fisik materi dengan jenis ikatannya. | 3 jam |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA NEGERI OLAHRAGA GERUNG
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Alokasi Waktu : 20 jam (untuk UH 4 jam)
Kompetensi dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ bahan/ Alat |
2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya. | § tata nama senyawa | § Menentukan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama) dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok. § Menentukan nama senyawa biner yang terbentuk melalui ikatan kovalen. § Menentukan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama dan NH4+) dan anion poliatomik serta memberi namanya dalam diskusi kelompok. § Menyimpulkan aturan pemberian nama senyawa biner dan poliatomik. § Menginformasikan nama beberapa senyawa organik sederhana. | § Menuliskan nama senyawa biner § Menuliskan nama senyawa poliatomik § Menuliskan nama senyawa organik sederhana | § Jenis tagihan - tugas individu - kuis - ulangan § Bentuk instrumen - tes tertulis | 2 jam | § Sumber - buku kimia, - lembar kerja |
§ Persamaan reaksi sederhana | § Mendiskusikan cara menyetarakan reaksi. § Latihan menyetarakan persamaan reaksi. | § Menyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya | 4 jam | |||
2.2. Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia. | · Hukum dasar kimia - hukum Lavoisier - hukum Proust - hukum Dalton - hukum Gay Lussac - hukum Avogadro | § Merancang dan melakukan percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier, dan hukum Proust di laboratorium. § Menarik kesimpulan dari data hasil percobaan. | § Membuktikan Hukum Lavoisier melalui percobaan § Membuktikan hukum Proust melalui percobaan | § Jenis tagihan - tugas individu - tugas kelompok - ulangan § Bentuk instrumen - tes tertulis, - performans (kinerja dan sikap) - laporan tertulis | 2 jam | § Sumber - buku kimia § Bahan - lembar kerja, - alat dan bahan untuk percobaan. |
§ Mendiskusikan data percobaan untuk membuktikan hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro dalam diskusi kelompok di kelas. § Menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac. § Menemukan hubungan antara volum gas dengan jumlah molekulnya yang diukur pada suhu dan tekanan yang sama (hukum Avogadro). | § Menganalisis data percobaan pada senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (hukum Dalton) § Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volum (hukum Gay Lussac). § Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum hukum Avogadro. | 2 jam | ||||
| § Perhitungan kimia | § Diskusi informasi konsep mol. § Menghitung jumlah mol, jumlah partikel, massa dan volum gas, menentukan rumus empiris, rumus molekul, air kristal, kadar zat dalam senyawa, dan pereaksi pembatas. | § Mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel, massa, dan volum zat. § Menentukan rumus empiris dan rumus molekul § Menentukan rumus air kristal § Menentukan kadar zat dalam suatu senyawa. § Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi § Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaksi | | 6 jam | |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA NEGERI OLAHRAGA GERUNG
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 3. Memahami sifat-sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-redukasi
Alokasi Waktu : 19 jam (5 jam untuk UH )
Kompetensi dasar | Materi Pembelajara | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ bahan/alat |
3.1 Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan. | § Larutan elektrolit dan non elektrolit § jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik § jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan: | § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit dalam diskusi kelompok dilaboratorium. § Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan elektrolit dan non elektrolit. | § Mengidentifikasi sifat-sifat larutan elektrolit dan non elektrolit melalui percobaan § Mengelompokkan larutan ke dalam larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya § Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik § Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar. | § Jenis tagihan Tugas kelompok Ulangan Responsi (ujian praktik) § Bentuk instrumen Tes tertulis, performans (kinerja dan sikap) , Laporan tertulis | 3 jam | § Sumber Buku kimia § Bahan Lembar kerja, Alat dan bahan untuk percobaan |
3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya. | § Konsep oksidasi dan reduksi § Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion | § Demontrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron (misal reaksi antara paku besi dicelupkan ke dalam air aki). § Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas. § Beratih menentukan bilangan oksidasi, oksidator, reduktor, hasiloksidasi, dan hasil reduksi. | § Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi. § Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion. § Menentukan oksidator dan reduktor dalam reaksi redoks | § Jenis tagihan Tugas individu Tugas kelompok Ulangan kuis § Bentuk instrumen Tes tertulis, performans (kinerja dan sikap), Laporan tertulis | 6 jam | § Sumber Buku kimia § Bahan Lembar kerja, |
§ Tata nama menurut IUPAC § Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan | § Menentukan penamaan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok. § Menemukan konsep redoks untuk memecahkan masalah lingkungan dalam diskusi kelompok dikelas | § Memberi nama senyawa menurut IUPAC § Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan konsep redoks dalam memecahkan masalah lingkungan. | 4 jam 1 jam |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA NEGERI OLAHRAGA GERUNG
Mata Pelajaran : KIMIA
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.
Alokasi Waktu : 23 jam (untuk UH 3 jam)
Kompetensi dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ bahan/alat |
4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon | § Identifikasi atom C,H dan O. § Kekhasan atom karbon. § Atom C primer, atom C sekunder , atom C tertier, dan atom C kuarterner. | § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium § Dengan menggunakan moolymod mendiskusikan kekhasan atom karbon dalam diskusi kelompok di kelas § Menentukan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner dalam diskusi kelompok dikelas | § Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan. § Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon § Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner. | § Jenis tagihan Tugas kelompok Ulangan § Bentuk instrumen Tes tertulis, performans (kinerja dan sikap), Laporan tertulis | 5 jam | § Sumber Buku kimia § Bahan Lembar kerja, alat dan bahan untuk percobaan molymood |
4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa. | § Alkana, alkena dan alkuna § Sifat fisik alkana, alkena dan alkuna § Isomer § Reaksi senyawa karbon | § Dengan menggunakan molymood (dapat diganti dengan molymood buatan) mendiskusikan jenis ikatan pada atom karbon pada senyawa alkana, alkena dan alkuna. § Latihan tatanama § Menganalisa data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok. § Dengan menggunakan molymood menentukan isomer senyawa hidrokarbon melalui diskusi kelompok atau . dengan metode bermain “Pesawat Terbang” digabung dengan tatanama § Merumuskan reaksi sederhana senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas § Latihan soal | § Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan § Memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna. § Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatifnya dan strukturnya. § Menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, fungsi) atau isomer geometri (cis, trans) § Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi) | § Jenis tagihan Tugas kelompok Kuis Ulangan § Bentuk instrumen Tes tertulis, | 9 jam | § Sumber Buku kimia § Bahan Lembar kerja, Molymood, Kertas untuk permainan |
4.3 Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya | § Minyak bumi § Fraksi minyak bumi § Mutu bensin § Dampak pembakaran bahan bakar | § Dalam kerja kelompok membahas tentang eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, petrokimia dan dampak hasil pembakaran bahan bakar § Presentasi hasil kerja kelompok. | § Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam. § Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi. § Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi. § Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya. § Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan. | § Jenis tagihan Tugas kelompok kuis Ulangan § Bentuk instrumen Tes tertulis Laporan tertulis (makalah) | 4 jam | § Sumber Buku kimia internet § Bahan Lembar kerja. |
4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika | § Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari. | § Diskusi dalam kerja kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang , papan dan dalam bidang seni dan estetika (untuk daerah-daerah penghasil minyak bumi atau yang memiliki industri petrokimia bisa diangkat sebagai bahan diskusi). | § Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan § Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan. § Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika. | § Jenis tagihan Tugas kelompok Kuis Ulangan § Bentuk instrumen Tes tertulis Laporan tertulis | 2 jam | § Sumber Buku kimia internet § Bahan Lembar kerja. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN Olahraga Gerung
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (2x pertemuan)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
I. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
1. Standar Kompetensi
Memahami Struktur atom, sifat-sifat periodik unsur dan ikatan kimia
2. Kompetensi Dasar
Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, ssifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
II. INDIKATOR
· Menentukan golongan dan periode unsur-unsur dalam tabel periodik
· Menentukan elektron valensi dan lonfigurasi elektron pda tabel periodik
· Menentulan jumkah proton,elektron, dan neutron berdasarkan nomor atom dan nomor massa
· Mengklasifikasi unsur kedalam isotop, isoton, dan isoelektron
· Menentukan massa atom relatif
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa dapat menentukan golongan dan periode unsur-unsur dalam tabel periodik
· Siswa dapat menentukan elektron valensi dan lonfigurasi elektron pda tabel periodik
· Siswa dapat menentulan jumkah proton,elektron, dan neutron berdasarkan nomor atom dan nomor massa
· Siswa dapat mengklasifikasi unsur kedalam isotop, isoton, dan isoelektron
· Siswa dapat menentukan massa atom relatif
IV. MATERI PELAJARAN
· Stuktur Atom
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Ø Kegiatan awal Memberikan salam Melakukam apresiasi dengan cara menanyakan kepada siswa apa itu stuktur atom? Membagi kelompok Siswa menjadi dua kelompok untuk pertemuaan pertama dan tiga lekompok untuk pertemuan kedua | 5’ | Diskusi , |
2. | Ø Kegiatan Inti Guru memberikan materi terdahulu dan menjelaskannya kemudian siswa mendiskusikan dengan ketentuan sebagai berikut: Pertemuan pertama: Kelompok 1: diskusi tentang Menentukan golongan dan periode unsur-unsur dalam tabel periodik Kelompok 2: diskusi tentang Menentukan elektron valensi dan lonfigurasi elektron pda tabel periodik Pertemuan kedua: Kelompok 1: diskusi tentang Menentulan jumkah proton,elektron, dan neutron berdasarkan nomor atom dan nomor massa Kelompok 2: diskusi tentang Mengklasifikasi unsur kedalam isotop, isoton, dan isoelektron Kelompok 3: diskusi tentang Menentukan massa atom relatif Mempersilahkan kepada siswa untuk menulis didepan hasil diskusi, | 30’ | Diskusi Tanya jawab penugasan |
3. | Ø Kegiatan Penutup. Melakukan refleksi Memberikan informasi tentang materi yang akan datang | 10’ | Diskusi Tanya jawab |
VI. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
.Buku paket kelas X yang relevan
Tabel periodik unsur
VII. PENILAIAN
Jenis tagihan : Tugas kelompok,katihan, dan ulangan harian.
Bentuk instrumen :laporan tertulis,penilaian sikap.
Gerung,.....................2010
Guru Pamong, Mahasiswa Praktek,
(Zulhaeri. S. Pd) (Muh. jufri)
NIP.................... NIM 07231081
Mengetahui,
Kepalah Sekolah
(Drs.H. M.Arifuddin )
NIP.196112311994031057
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN Olahraga
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 x pertemuan)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
I. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
1. Standart Kompetensi
Memahami Struktur atom, sifat-sifat periodik unsur dan ikatan kimia
2. Kompetensi Dasar
Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, ssifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
II. INDIKATOR
Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
Siswa dapat menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan
IV. MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
sifat fisik dan sifat kimia unsur
sifat keperiodikan unsur
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Kegiatan awal mengucapkan salam Tanya jawab tentang unsur dan jenis-jenisnya Membagi siswa menjadi dua kelompok | 5’ | Diskusi, Tanya Jawab |
2 | Kegiatan Inti -Siswa berdiskusi dalam kelompoknya masing-masing dengan materi kelompok 1 :Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid. Kelompok 2 :Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan | 35’ | Diskusi, Tanya Jawab |
3 | Kegiatan akhir Menyimpulkan hasil diskusi Memberikan tugas kelompok untuk membuat laporan hasil diskusi guru menginformasikan materi yang akan datang | 4’ | Diskusi Tanya jawab |
VI. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
a.Buku paket kelas X yang relevan
b.Tabel periodic unsure
VII. PENILAIAN
a.Jenis tagihan : Tugas kelompok, kuis, ulangan harian,
b.Bentuk instrument : laporan tertulis,performen,tes tertulis
Gerung,.....................2010
Guru Pamong, Mahasiswa Praktek,
(Zulhaeri. S. Pd) (Muh. jufri)
NIP.................... NIM 07231081
Mengetahui,
Kepalah Sekolah
(Drs.H. M.Arifuddin )
NIP.196112311994031057
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMAN Olahraga
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas / Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (3x pertemuan)
Tahun Pelajaran : 2010/2011
I. STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
1. Standart Kompetensi
Memahami Struktur atom, sifat-sifat periodik unsur dan ikatan kimia
2. Kompetensi Dasar
1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, ssifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron.
1.2. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk
II. INDIKATOR
Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan.
Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion.
Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.
Menjelaskan sifat-sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan.
Siswa dapat kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
Siswa dapat enggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
Siswa dapat mejelaskan proses terbentuknya ikatan ion.
Siswa dapat Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga.
Siswa dapat menjelaskan sifat- sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen
IV. MATERI POKOK
Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern.
Ikatan Kimia
kestabilan unsur
struktur Lewis
ikatan ion dan ikatan kovalen
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan | Waktu | Metode |
1 | Kegiatan awal Membuka pembelajara Guru menanyakan kepada siswa, apakah siswa pernah melihat marica atau kacang atom? Membagi kelomnpok siswa untuk mendiskusikan teori dari guru | 10’ | Diskusi, Tanya Jawab |
2. | Kegiatan Inti Guru menjelaskan teori dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk dipresentasikan. Pertemuan 1:Kelompok 1: Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan. Kelompok 2: menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya. Kelompok 3: Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis). Pertemuan 2: Kelompok 1: Menjelaskan proses terbentuknya ikatan ion. Kelompok 2: menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga. Kelompok 3: Menjelaskan sifat-sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen | 50’ | Diskusi, Tanya Jawab |
3. | Kegiatan akhir : Pengambilan kesimpulan dari presentasi masing-masing kelompok Memberikan tugas untuk dikumpulkan mimggu depan Menyampaikan materi yang akan datang | 30’ | Diskusi |
VI. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
a.Buku paket kelas X yang relevan
b.Tabel periodik unsur
VII. PENILAIAN
a. Jenis tagihan : Tugas kelompok, kuis, ulangan harian,
b. Bentuk instrument : laporan tertulis,performen,tes tertulis
Gerung,.....................2010
Guru Pamong, Mahasiswa Praktek,
(Zulhaeri. S. Pd) (Muh. jufri)
NIP.................... NIM 07231081
Mengetahui,
Kepalah Sekolah
(Drs.H. M.Arifuddin )
NIP.196112311994031057
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMA Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Kimia Tahun Ajaran : 2010/2011
Semester | No. | Materi Pokok/Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | Keterangan |
1 | 1. 2. 3. 4. 5. | Struktur atom dan sistem periodic 1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron Ikatan kimia 1.2 Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk Tata nama senyawa dan persamaan reaksi 2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya Hukum dasar kimia 2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia Perhitungan kimia 2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia | 18 JP 12 JP 6 JP 10 JP 8 JP | |
| | Jumlah | 54 JP | |
2 | 6. 7. | Larutan elektrolit dan nonelektrolit 3.1 Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan. 3.2 Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya Sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul 4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon 4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa 4.3 Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya 4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika | 6 JP 6 JP 18 JP 12 JP | |
| | Jumlah | 48 JP | |
Gerung,.....................2010 Guru Pamong, Mahasiswa Praktek,
(Zulhaeri. S. Pd) (Muh. jufri)
NIP.................... NIM 07231081
Mengetahui,
Kepalah Sekolah
(Drs.H. M.Arifuddin )
NIP.196112311994031057
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas : X
Semester : 1
No | Materi Pokok/Kompetensi Dasar | Jml. Jam | Bulan | Ket. | |||||||||||||||||||||||||||||
Juli | Agustus | September | Oktober | November | Desember | Januari | |||||||||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 | 14 | 15 | 16 | 17 | 18 | 19 | 20 | 21 | 22 | 23 | 24 | 25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | 33 | 34 |
1. | Struktur atom dan sistem periodic | 16 | | | X | x | x | x | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | Persiapan penerimaan rapor | | | |
2. | 1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron Ulangan harian Ikatan kimia 1.2Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk Ulangan harian 2 | 12 | | | | | | | x | x | X | x x | | | x | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3. | Tata nama senyawa dan persamaan reaksi | 6 | | | | | | | | | | | | | | | x | x | x | x | | | | | | | | | | | | | |
| 2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya Ulangan harian 3 Latihan Ulangan Tengah Semester | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
4. | Hukum dasar kimia | 10 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | x | x | x | | | | | | | | | | |
| 2.2Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia Ulangan harian 4 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
5. | Perhitungan kimia | 8 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | x | x | x | x | | | | | | |
| 2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia Ulangan harian 5 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| Latihan Ulangan Umum Semester 1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
| Jumlah | 54 | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Keterangan:
| = Kegiatan tengah semester |
| |
| = Libur bulan Ramadan dan sesudah Idul Fitri |
| |
| = Latihan ulangan umum semester 1 |
| |
| = Ulangan umum semester 1 |
| |
| = Libur semester 1 |
Gerung,.....................2010
Guru Pamong, Mahasiswa Praktek,
(Zulhaeri. S. Pd) (Muh. jufri)
NIP.................... NIM 07231081
Mengetahui,
Kepalah Sekolah
(Drs.H. M.Arifuddin )
NIP.196112311994031057
RINCIAN MINGGU EFEKTIF
Satuan Pendidikan : SMAN OLAHRAGA GERUNG Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Kimia Tahun Ajaran : 2010/2011
I. Jumlah Minggu dalam Semester 1
No. | Bulan | Jumlah Minggu |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | Juli Agustus September Oktober November Desember Januari | 2 5 4 4 5 4 4 |
| Total | 28 |
II. Jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
No. | Kegiatan | Jumlah Minggu |
1. 2. 3. 4. 5. 6. | Kegiatan tengah semester Libur bulan Ramadan dan sesudah Idul Fitri Latihan ulangan umum semester 1 (cadangan) Ulangan umum semester 1 Persiapan penerimaan rapor Libur semester 1 | 1 4 1 1 1 2 |
| Total | 10 |
III. Jumlah minggu efektif dalam semester 1
Jumlah minggu dalam semester 1 – jumlah minggu tidak efektif dalam semester 1
= 28 minggu – 10 minggu
= 18 minggu efektif
Gerung,.....................2010
Guru Pamong, Mahasiswa Praktek,
(Zulhaeri. S. Pd) (Muh. jufri)
NIP.................... NIM 07231081
Mengetahui,
Kepalah Sekolah
(Drs.H. M.Arifuddin )
NIP.196112311994031057
Tidak ada komentar:
Posting Komentar